PJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Sumbar Riau yang membawahi Sumbar, Riau dan Kepri mencatat peserta aktif penerima jamsos di Riau hingga kini mencapai 825.017 tenaga kerja."> PJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Sumbar Riau yang membawahi Sumbar, Riau dan Kepri mencatat peserta aktif penerima jamsos " />
Home
 
Peserta BPJS Ketenagakerjaan Riau Capai 825.017

Minggu, 13/08/2017 - 10:15:02 WIB

PEKANBARU - PJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Sumbar Riau yang membawahi Sumbar, Riau dan Kepri mencatat peserta aktif penerima jaminan sosial di Riau hingga kini mencapai 825.017 tenaga kerja.

"Mereka terbagi atas 778.468 pekerja sektor penerima upah (PU) dan 46.549 peserta bukan penerima upah (BPU)," kata Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto di Pekanbaru, Minggu (13/8/2017).

Agus menjelaskan Riau wilayah yang memiliki potensi pekerja BPU yang cukup banyak, seperti pada sektor pertanian, perikanan dan perburuhan serta jasa kemasyarakatan. "Karena di sini banyak perkebunan, " ujarnya.

Sementara kemampuan pekerja yang tergolong BPU ini dipastikan minim untuk membayar bahkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Padahal mendapatkan perlindungan sosial adalah hak semua pekerja.

Dengan kondisi ini diharapkan perusahaan yang ada di wilayah itu mau memberikan bantuan untuk pembayaran premi keanggotaan. Seperti yang dilakukan oleh Bank Riau Kepri terhadap 20.000 pekerja rentan di wilayah itu. "Provinsi Sumatera Barat dan Kepulauan Riau bisa mengikuti langkah PT Bank Riau Kepri untuk menyalurkan dana CSR mereka guna perlindungan pekerja rentan," ujarnya.

Dia berharap melalui kerja sama CSR bersama mitra kerja BPJS Ketenagakerjaan ini nantinya perlindungan yang diberikan akan menjangkau seluruh lapisan masyarakat pekerja, khususnya pekerja rentan, agar perlindungan menyeluruh dapat tercapai.

"Kami sangat mengapresiasi inisiatif mulia PT Bank Riau Kepri dalam mendonasikan CSR-nya untuk iuran pekerja rentan. Tentunya kami berharap perusahaan lainnya dapat mengikuti jejaknya dalam memfasilitasi pekerja Indonesia untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerja sehingga kesejahteraan hidup para pekerja bisa meningkat," kata Agus.

Ia menambahkan saat ini BPJS Ketenagakerjaan mencatat perusahaan aktif yang terdaftar pada Juli 2017 mencapai 26.570 perusahaan dengan dominasi pekerja sektor PU pada kepesertaan aktif. "Sebanyak 70 persen darinya merupakan perusahaan kecil dan menengah yang memiliki pekerja di bawah 50 orang," tambahnya.

Karenanya melalui Program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran) tutur Agus merupakan salah satu upaya BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan perlindungan kepada para pekerja rentan dengan menggandeng perusahaan atau korporasi untuk bersama-sama mewujudkan program kerja tersebut melalui optimalisasi dana CSR.

"Kami mengembangkan sistem yang memfasilitasi proses donasi ini agar transparan, akuntabel, dan tepat sasaran," imbuh Agus.

Menurut dia nantinya sistem yang dibangun ini merupakan sistem berbasis elektronis/ online yang akan menyediakan informasi atau pilihan target donasi pekerja rentan (Donati), besaran dan periode masa donasi, serta pelaporan regular mengenai status kepesertaan donasi.

"Dengan cara ini, kami bersama perusahaan yang ikut serta akan membantu mengurangi kerentanan sosial terhadap pekerja di Indonesia, sekaligus menjadikan mereka para pekerja yang mandiri dan tangguh," tambah Agus. (ilc)

Home
Redaksi & Disclaimer
Copyright 2012-2017
replica handbags replica watches uk