Home
 
Pemudik dari Riau Diberangkatkan dari Terminal BRPS
33.790 Pemudik dari Riau Diberangkatkan dari Terminal BRPS Pekanbaru

Selasa, 04/06/2019 - 19:11:07 WIB

Sejumlah calon pemudik lebaran Idul Fitri 1430 H menunggu keberangkatan bus di Terminal BRPS Pekanbaru. Foto: AntaraSejumlah calon pemudik lebaran Idul Fitri 1430 H menunggu keberangkatan bus di Terminal BRPS Pekanbaru. Foto: Antara

Politikriau.com PEKANBARU - Terminal Bandaraya Payung Sekaki, Kota Pekanbaru mencatat sebanyak 33.790 pemudik dari Provinsi Riau, yang memilih moda transportasi transportasi darat menuju kampung halaman pada perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah.

Satuan Pelaksana Koordinator Pelayanan Terminal Tipe A Bandaraya Payung Sekaki (BRPS) Kota Pekanbaru, Henry Tambunan kepada Antara di Pekanbaru, Senin, mengatakan seluruh penumpang tersebut dilayani sebanyak 2.096 unit bus.

"Hingga H-3 atau 2 Juni 2019 jumlah penumpang yang berangkat dari terminal BRPS mencapai 33.790 orang," katanya seperti dikutip dari Antaranews.

Henry menjelaskan peningkatan jumlah penumpang secara signifikan sudah terlihat sejak H-7 atau akhir Mei 2019 kemarin. Pada saat itu, jumlah penumpang yang mudik melalui terminal tipe A terbesar di Pulau Sumatera itu mencapai 5.388 orang. Jumlahnya terus meningkat hingga mencapai puncak arus mudik pada H-4 kemarin yang menyentuh angka 7.749 penumpang.

Rute favorit para pemudik yang menggunakan jalur darat tersebut adalah tujuan Sumatera Utara, Sumatera Barat, serta sejumlah kota lainnya di Sumatera dan Pulau Jawa.

Jika dibandingkan tahun sebelumnya, Henry mengatakan angka tersebut melonjak sangat tajam hingga mencapai lebih dari 230 persen. Pada periode yang sama di tahun sebelumnya, jumlah penumpang yang mudik melalui terminal BRPS terhitung sejak H-7 hingga H-3 hanya tercatat sebanyak 10.469 penumpang. Jumlah penumpang itu juga hanya dilayani

Selain terjadi lonjakan penumpang yang berangkat, otoritas terminal BRPS juga mencatat peningkatan jumlah penumpang yang datang dari sejumlah kota ke Bumi Melayu Riau.

Sepanjang H-7 hingga H-3 2019 ini, tercatat sebanyak 3.381 penumpang yang kembali ke kota Pekanbaru dengan menggunakan fasilitas angkutan darat. Sementara pada periode yang sama tahun sebelumnya, jumlahnya hanya sebesar 2.216 orang.

Henry mengakui peningkatan jumlah penumpang yang menggunakan jalur darat tidak lepas dari melonjaknya harga tiket pesawat yang menyebabkan banyak dari pemudik memilih moda transportasi lain. Peningkatan jumlah penumpang, kata dia, bahkan sudah terlihat jauh sebelum momen mudik tiba pada saat harga tiket pesawat udara mulai meningkat sejak awal tahun. (*)

Home
Redaksi & Disclaimer
jewelry lace wigs Copyright 2018