Home
 
Suparno, Ketua Grup Wayang Eko Budoyo Tapung, Calon Penerima "Anugerah Akal Budi LE"

Selasa, 10/10/2017 - 20:05:30 WIB

PEKANBARU - Suparno (55), Ketua Grup Wayang Eko Budoyo, menjadi salah seorang calon penerima Anugerah "Akal Budi" Bakal Calon (Balon) Gubernur Riau (Gubri) terkuat versi Indo Barometer, Lukman Edy (LE).

Suparno yang berasal dari Karang Anyer tersebut, sejak tahun 2009 hingga saat ini, terus giat menghidupkan kesenian Jawa secara mandiri bersama puluhan anggotanya.

Hal itu dikatakan Ketua Tim Relawan AKU LE Provinsi Riau, Eddy Akhmad RM, yang menyempatkan diri datang ke tempat latihan Grup Wayang Eko Budoyo, di Desa Majapahit/Sari Galuh, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Selasa (10/10/2017).

Kedatangan mantan Ketua Umum Dewan Kesenian Riau (DKR) itu terkait dengan pemberian Anugerah "Akal Budi LE", bersempena Hari Pahlawan 10 November 2017, kepada penggiat dan pelaku seni tradisi dari berbagai etnis dan budaya yang hidup dan tumbuh di Bumi Lancang Kuning.

"Benar, Pak Suparno kita calonkan sebagai penerima anugerah karena telah berhasil melestarikan seni tradisi Jawa seperti wayang," ungkap Eddy RM.

Sementara itu, Suparno yang ketika itu sedang melakukan latihan rutin di kediamannya, mengucapkan penghargaan dan terima kasih atas anugerah yang akan ia terima.

Menurutnya, sejak grup ini berdiri tahun 2009, tidak pernah mendapat bantuan dari pihak manapun, termasuk dari pemerintah. "Kita ini mandiri Mas, kita menghidupkan grup ini patungan dari anggota serta dari pendapatan ketika grup ini diundang orang untuk tampil," ujar Suparno.

Oleh sebab itu, dirinya dan anggotanya yang berasal dari berbagai kecamatan yang ada di Kampar dan daerah lain, mengucapkan terima kasih atas anugerah yang akan diberikan oleh Balon Gubri, Lukman Edy.

"Maturnuwun, terima kasih kepada Bapak Lukman Edy, semoga sehat dan dikabulkan Allah segala kehendaknya," ujar Suparno.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, "Anugerah Akal Budi LE" ini merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan yang diberikan kepada mereka yang tunak dan giat memelihara dan menghidupkan seni tradisi dari berbagai etnis yang ada di Riau.

Anugerah itu sendiri diberikan dalam bentuk sertifikat dan uang tunai sebagai dana pembinaan. (krn)

Home
Redaksi & Disclaimer
Copyright 2012-2017
replica handbags replica watches uk