Home
 
MUI: Aliran Kepercayaan Bukan Agama

Kamis, 23/11/2017 - 07:16:27 WIB

JAKARTA - Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin mengatakan, didalam konstitusi negara, aliran kepercayaan bukanlah sebuah agama.

Pasalnya dalam Pasal 29 UUD 1945, kepercayaan disebutkan merupakan kepercayaan dalam beragama.

"Kami ormas-ormas islam melalui MUI menyatakan bahwa frasa Pasal 29 UUD adalah kepercayaan di dalam agama. Oleh karena itu aliran kepercayaan bukan agama dan tidak bisa disetarakan dengan agama," ujar Din di kantor MUI, Jl. Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (22/11/2017).

Dalam rapat pleno ke-22 Dewan Pertimbangan MUI disepakati bahwa aliran kepercayaan tidak dapat disetarakan dengan agama. Untuk itu, Dewan Pertimbangan MUI mengusulkan kepada Dewan Pimpinan MUI agar memberikan pernyataan sikap secara resmi.

"Sejak dulu dibahas oleh MK nyaris secara diam-diam dan tidak mengundang pihak-pihak yang seharusnya diundang. Baik pembentuk UU, DPR, Pemerintah tentu instansi negara terkait ini menyangkut agama seharusnya Kementerian Agama diundang namun Menteri Agama menyampaikan pada saya Menteri Agama tidak diundang," tutur Din.

Pada sidang pleno ke-23 nantinya, Dewan Pertimbangan pun berencana akan mengundang Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Agama Lukman Hakim serta Komisi DPR terkait guna membahas putusan MK terkait aliran kepercayaan tersebut. (ilc)

Home
Redaksi & Disclaimer
Copyright 2012-2017
replica handbags replica watches uk