Home
 
Smart City Madani Kota Pekanbaru Jadi Perbincangan di Pertemuan APEKSI Wilayah I

Selasa, 06/02/2018 - 22:11:03 WIB

PEKANBARU - Musyawarah Komisariat Wilayah Satu (Muskomwil I) Asosiasi Pemerintah Kota Se-lndonesia) APEKSI Tahun 2018 digelar di Kota Pekanbaru selama tiga hari sejak tanggal 1 hingga 3 Februari 2018 berlangsung dengan sukses dan meriah. 

Pertemuan 24 Walikota dari lima Provinsi di pulau Sumatera itu menjadi momentum bagi Walikota Pekanbaru untuk unjuk gigi dan memamerkan hasil kerjanya selama menjabat sebagai pimpinan di kota ini. 

Dimulai dari pembukaan Muskomwil l APEKSI di Hotel Aryaduta Pekanbaru seluruh peserta terkesima dengan tempilan panggung yang begitu megah dan mewah. Ditambah lagi cara menekan tombol sirine pertanda Muskomwil dibuka dengan menggunakan animasi dan pencahayaan yang berkilau. 

Foto Aroel El Mandah.

Walikota Pekanbaru DR. Firdaus, MT bersama sejumlah pimpinan daerah kota Regional I APEKSI se Sumatera melambaikan tangan kepada masyarakat.

Dengan Membacakan Basmallah, tiga Walikota menekan tombol sirine animasi secara bersamaan Walikota Pekanbaru, Dr.Firdaus ST MT, Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharulla. SP dan Walikota Medan Dzuldin Eldin resmi membuka Muskomwil l APEKSI di kota Pekanbaru. 

Tidak berhenti sampai disitu saja, seluruh delegasi dari 23 kota yang hadir semakin takjup ketika Walikota Pekanbaru, Dr. Firdaus ST. MT menyampaikan pemaparannya tentang perwujudan Smart city Madani di Kota Pekanbaru. 

Dijelaskan, Firdaus ada enam pilar yang wajib dimiliki sebuah pemerintah kota untuk mewujudkan kota yang smart. keenam pilar tersebut yaitu Smart Govermance (Tata Kelola Pemerintah yang Pintar, Smart People (Penduduk yang Pintar). Selain itu, Smart Economy (ekonomi yang pintar), Smart Environment (lingkungan yang pintar) Smart Living (kehidupan yang pintar), dan Smart Mobility (mobilitas yang pintar).

"Pilar-pilar ini sudah menjadi sebuah kebutuhan di Kota Pekanbaru. Makanya semua komponen harus cerdas menyikapinya, sehingga pembangunan terus meningkat di masa datang. Saat ini Pekanbaru telah mengaplikasikanya dalam bentu kartu pintar yang fungsinya sangat banyak sekali. Mulai dari alat pembayaran, alat untuk menabung, absensi, naik bus transmetro Pekanbaru dan sebagainya, " jelas Firdaus sembari mempraktekkan fungsi smart card miliknya kepada seluruh delegasi Apeksi. 

Seluruh peserta Apeksi semakin yakin terhadap pemaparan Walikota Pekanbaru ketika mereka dibawa keliling Kota Pekanbaru melihat pesatnya kemajuan infrastruktur pembangunan kota Pekanbaru. Mulai pembangunan kantor Walikota Pekanbaru di Tenayan Raya, pemandangan indah ditepian sungai Siak, Teknologi canggih di ruang Command Center dan wisata belanja di Pasar bawah. 

Bahkan pada penutupan Muskomwil I APEKSI, Pemko Pekanbaru tidak henti-henti nya menyajikan hal yang membuat semua peserta terkagum-kagum, itu karena penampilan pentas seni di lokasi Pamaren City Expo di Jalam Cuk Nyak Dien Pekanbaru.

Dalam pentas tersebut Pemko Pekanbaru tidak hanya menampilkam ciri khas Pekanbaru saja tapi juga menampilkan keberagaman budaya dari berbagai daerah. 

Foto Aroel El Mandah.

Walikota Pekanbaru DR. Firdaus, MT menandatanganai berita acara atas terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Komisariat APEKSI Wilayah I Regional Sumatera disaksikan Ketua Umum Apeksi, Airin Rachmy Diany.

Atas prestasi dan keberhasilan Walikota Pekanbaru tersebut , 24 Walikota dalam Muskomwil I APEKSI sepakat menunjuk Dr. Firdaus ST MT terpilih sebagai Ketua Komisariat Wilayah I Regional Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (Komwil I APEKSI) dan Wakil Ketua I Walikota Banda Aceh Aminullah Usman, Wakil II Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias serta Wakil III Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk. 

Melihat pesatnya kemajuan teknologi dan infrastruktur di Kota Pekanbaru, Walikota Padang Mahyeldi Ansharulla dengan lantang mengungkapkan bahwa Kota Pekanbaru adalah baro meter pembangunan daerah. 

"Sudah seharusnya kita belajar ke Kota Pekanbaru, saya sendiri mengagumi masterplan dan rancangan kinerja Pemerintah Pekanbaru yang terkoneksi dalam program Smart City. Maka dengan adanya kegiatan ini, berharap agar para kepala daerah yang hadir dapat mengadopsi keberhasilan Pemerintah Kota Pekanbaru," paparnya.

Hal senada juga terucap dari mulut Ketua Umum Apeksi, Airin Rachmy Diany yang juga Walikota Tanggerang Selatan, mengaku masih perlu belajar banyak dari kemajuan dan prestasi yang dicapai oleh Kota Pekanbaru. 

"Semoga program-program ini bisa di contoh kota-kota lain termasuk di Tanggerang Selatan. Lanjut saya juga berharap program ini juga terutang dalam draf program - program Komisariat Wilayah serta bersinergi dengan program di Pemerintah Pusat," pungkas Airin. (Adv)

Home
Redaksi & Disclaimer
Copyright 2012-2017
replica handbags replica watches uk