Home
 
Ketua Bawaslu RI Ingatkan Masa Rawan Jelang Pilgubri 2018

Minggu, 11/02/2018 - 14:26:25 WIB

PEKANBARU - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI Abhan SH mengingatkan menjelang Pemilihan Gubernur Riau 2018 berlangsung pada hari keagamaan bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Masa tersebut sangat rawan dimanfaatkan sosialisasi politik calon peserta.

"Terutama selama Ramadhan nanti, karena kegiatan keagamaan ini rawan disisipi dengan agenda politik. Yang perlu diawasi itu, jangan sampai terjadi politik uang," ujarnya, saat membuka kegiatan jelajah pengawasan pencocokan dan penelitian (coklit) di lapangan depan Masjid Nurul Jannah, Jalan Cipta Karya, Kelurahan Sialang Munggu, Tampan, Pekanbaru, Minggu (11/2) pagi.

Ia meminta jajaran petugas pengawas Pemilu mulai dari tingkat provinsi, kabupaten/kota hingga kelurahan/desa mengawasi politik uang dalam kampanye Pilkada serentak  yang biasa dibungkus dengan kegiatan keagamaan.

"Petugas pengawas harus menyiapkan srtategi khusus dalam mengawasi kampanye dalam kegiatan keagamaan. Di sini, pengawas harus ada di setiap tahapan sesuai tupoksi (tugas pokok dan fungsi)," pesan Abhan.

Sementara untuk pelaksanaan coklit, Abhan mengingatkan khusus ke Panwaslu kelurahan/desa aktif bersama PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) di lapangan guna memastikan seluruh warga yang memenuhi syarat sebagai pemilih, terdaftar sebagai daftar pemilih tetap (DPT).

"Kita harus memastikan KPU dan jajarannya sudah mendaftar seluruh warga yang memilih hak pilih," tegas dia.

Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan jelajah pengawasan coklit bersama Ketua Bawaslu RI itu. 

"Acara ini perlu kita beri apresiasi kepada Panwslu Kota yang dalam waktu singkat bisa menyelenggarakan kegiatan ini. Ini merupakan semangat yang luar biasa," ucapnya. 

Rusidi berharap semangat yang ada bisa ditingkatkan dalam mengawasi pelaksanaan Pilgubri 2018 hingga Pemilu 2019 mendatang.

"Namun ada yang harus diingat, bahwa pengawasan yang kita lakukan bukan untuk mencari kesalahan penyelenggaran Pemilu. Tapi bagaimana memastikan semua tahapan berlangsung aman dan lancar," kata dia. 

Usai pembukaan jelajah pengawasan coklit, Ketua Bawaslu RI didampingi Ketua Bawaslu Riau, Ketua Panwaslu Kota Pekanbaru dan Komisioner KPU Pekanbaru turun melakukan pengawasan coklit ke sejumlah warga di perbatasan Pekanbaru-Kampar, tepatnya di Kelurahan Sialang Munggu, Tampan, Pekanbaru. 

Hadir juga di kegiatan itu Komisioner Panwaslu Pekanbaru, KPU Pekanbaru, Camat Tampan, serta Panwaslu kecamatan dan kelurahan se-Kota Pekanbaru. (rls)

Home
Redaksi & Disclaimer
Copyright 2012-2017
replica handbags replica watches uk