Home
 
Tingkatkan Pendidikan Guru PAUD di Rohul
Bupati Sukiman Janji akan Tingkatkan Pendidikan Guru PAUD di Rohul

Minggu, 23/06/2019 - 23:38:48 WIB

Politikriau.com PASIR PANGARAIAN - Dengan masih banyaknya guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang masih berpendidikan SLTA, Bupati Rohul menyatakan akan berupaya Tingkatkan Pendidikan para guru itu jadi setara Sarjana ( S1).

Karena berdasarkan data Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Rohul, bahwa masih banyak para guru PAUD di Rohul yang masih berpendidikan SLTA atau SMA atau hampir sekitar 90 persen para pendidik PAUD masih tamatan SMA, sisanya sudah sarjana PAUD dan lainya.

"Ini jadi tugas kita, untuk bisa ā€ˇmeningkatkan Sumber daya manusia (SDM) para guru-guru paud yang ada di Rohul, dengan mengikuti kemajuan zaman dan teknologi saat ini," kata Bupati Sukiman, kemarin, saat ditanya dengan masih banyaknya guru PAUD di Rohul Yang belum Sarjana.

Diakui Bupati, dengan perkembangan zaman saat ini , tentunya harus diimbangi dengan SDM para tenaga pendidik, sehingga generasi muda bisa semakin berkembang dan cerdas, juga harus bisa memahami Informasi Teknologi (IT).

"Kita berupaya dengan melakukan kerjasama dengan Kampus Universitas Pasir Pangaraian (UPP), untuk membuka perkuliahan jarak jauh antar kecamatan.Dengan begitu, guru PAUD bisa kuliah dan memudahkan jarak agar lebih dekat," ucap Bupati Sukiman.

Kemudian Sebut Bupati lagi, masalah yang dihadapi para guru PAUD agar bisa meningkatkan jenjang Pendidikan Sarjana yakni terkait biaya, dan honorer guru PAUD di Rohul saat ini masih terlalu kecil sekali.

"Kita tengah carikan solusinya, agar meningkatkan SDM para guru PAUD bisa dilakukan dalam mengajarkan generasi emas Rohul," katanya.

Ditambahkan Bupati, peningkatan SDM bukan hanya terhadap tenaga pendidik sajaā€ˇ, namun terhadap seluruh masyarakat Rohul, terutama masyarakat dari keluarga kurang mampu.

"Ini Akan jadi perhatian Kita, bagaimana para guru-guru yang belum sarjana bisa berkuliah dnegan biaya murah, dan tidak perlu lagi ke Pekanbaru nantinya Kita akan upayakan guru guru PAUD dan lainnya sebagai pencetak generasi muda bisa dapatkan Pendidikan Sarjana,"urainya.

"Saya berharap, kerjasama dengan UPP tersebut bisa meringankan biaya yang besar dalam menimba ilmu di bangku perkuliahan, sehingga biaya yang besar bisa di kurangi. Kita juga paham, kesejahteraan para guru paud dan TK masih jauh dari kata sejahtera namun kita berupaya agar SDM pengajar generasi muda bisa tetap meningkat," kata Bupati penuh harap.(Adv/ Pemkab Rokan Hulu)

Home
Redaksi & Disclaimer
Copyright 2018