Home
 
Kurir Antar Pulau Terciduk Selundupkan 4 Kg Sabu
Modus Gunakan Sepatu Kembar, 8 Kurir Antar Pulau Terciduk Selundupkan 4 Kg Sabu

Jumat, 28/06/2019 - 22:16:14 WIB

Politikriau.com PEKANBARU - Satuan Reserse Narkoba Polresta Pekanbaru tengah menyelidiki kasus penyelundupan 4 kilogram lebih sabu yang berhasil digagalkan petugas Aviation Security (Avsec) Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Jumat (28/6/2019) sekitar pukul 05.00 WIB.

Modus yang digunakan para pelaku dengan menggunakan sepatu yang sama antara pelaku satu dan yang lain dengan memasukkan paket sabu ke dalam sepatunya, guna mengelabui petugas bandara saat melewati pintu pemeriksaan di lantai dua.

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Susanto kepada halloriau.com, Jumat (28/6/2019) sore, mengatakan tengan mendalami kasus penyelundupan sabu melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

"Pelaku ini ada delapan orang. Mereka akan menyelundupkan sabu keluar dari Kota Pekanbaru melalui Bandara SSK Pekanbaru tujuan Surabaya," ucap Susanto.

Adapun delapan orang pelaku ini, adalah Rangga (24), Mustakim (30), Fuad (25), Mukatatudin (19), Saifu (21), Muslim (22), Marhaban (19) dan Agus (25). Mereka ini masing-masing merupakan warga Kabupaten Aceh Utara, diutus seseorang mengirimkan sabu tersebut.

"Pelaku ini semuanya sebagai kurir antar provinsi. Ini masih sedang kita didalami siapa orang yang menyewa mereka dan siapa juga orang akan menerima barang haram tersebut," sambung Susanto.

Dalam proses penangkapannya, Susanto menyebut kedelapan pelaku ini menggunakan sepatu yang sama. Sabu disimpan dalam sepatunya, guna mengelabui petugas Bandara SSK II Pekanbaru. Namun naas, salah satu tersangka terlihat gerak-gerik yang membuat petugas curiga.

"Salah satu tersangka diperiksa petugas saat melewati pintu pemeriksaan di lantai dua. Hasilnya, positif pelaku kedapatan menyimpan sabu di dalam sepatu. Sementara lainnya juga memiliki sepatu yang sama," terang Susanto.

Saat ini, pihaknya terus melakukan pengembangan terhadap jaringan para pelaku kurir narkoba antar provinsi. Terkait asal muasal barang tersebut dan penyebarannya di daerah Kota Pekanbaru.

"Yang paling utama adalah bagaimana ketanggapan petugas Bandara SSK II Pekanbaru terhadap upaya menggalakan penyelundupan 4 kilogram lebih sabu ke luar. Kalau dilihat, pelaku ini menggunakan sistem transit," pungkas Susanto.

Sebelumnya, petugas Aviation Security (Avsec) Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Jumat (28/6/2019) sekitar pukul 05.00 WIB berhasil menggagalkan upaya penyelundupan sabu ke Surabaya yang dibawa delapan orang pelaku menggunakan maskapai penerbangan Lion Air.

Home
Redaksi & Disclaimer
Copyright 2012-2017
replica handbags replica watches uk