Home
 
Satuan Tugas Tim Satgas Karlahut Rohul Padamkan Api
Tim Satgas Karlahut Rohul Padamkan Api Kebakaran Lahan di Desa RTH

Selasa, 20/08/2019 - 19:09:26 WIB
Tim Karlahut Polsek Rambah dan Korsnil 02/Rambah, berupaya padamkan api yang membakar lahan sekitar satu hektar di Desa Rambah Tengah Utara, Kecamatan Rambah yang sudah diimas tumbang pemiliknya.
Tim Karlahut Polsek Rambah dan Korsnil 02/Rambah, b
TERKAIT:

Politikriau.com PASIR PANGARAIAN - Personel Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) berusaha padamkan api yang membakar lahan sekitar satu hektar di Desa Rambah Tengah Hulu Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Senin (19/08/2019) sore.

Akibat kuatnya tiupan angin diakui Kapolres Rohul melalui Kapolsek Rambah, AKP Hermawan mengaku, lahan yang terbakar di duga sengaja dibakar. Indikasi tersebut terlihat lahan bekas ditumbang dan akan dibuka perkebunan baru.

“Kini kita tengah melakukan penyeledikan dan mencari pemilik dan pelaku pembakaran. Jika terbukti, kita akan tindak tegas pemilik dan pelaku pembakaran. Untuk kepentingan penyelidikan, lahan yang terbakar tersebut sudah dipasangi garis polisi," terang Kapolsek Rambah AKP Hermawan.

Saat mencoba pemadamkan api, tiupan angin sempat menyebabkan tim gabungan yang terdiri dari personel Koramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR dan Polsek Rambah serta BPBD Kabupaten Rohul kewalahan saat memadamkan api yang merembet ke lahan yang berada di sebelahnya.

Dua unit mobil pemadam kebakaran dari BPBD serta Satpol PP dan Damkar Rohul diturunkan untuk memadamkan api.

Penerangan Humas Koramil 02/ Rambah Koptu Dedy Nofery Samosir mengatakan, kebakaran lahan cepat diketahui. Dimana, tim gabungan penanggulangan Karlahut sedang melaksanakan patroli gabungan di wilayah tersebut.

“Kami sedang melaksanakan patroli gabungan yang terdiri dari TNI Polri dan BPBD Rohul," jelas Koptu Dedy Nofery Samosir.

Di tempat yang sama, Plh Kepala BPBD Rohul Afrizal mengaku, secara umum untuk hari ini, kebakaran hutan dan lahan baru terjadi di Kecamatan Rambah.

Walaupun demikan, kondisi kabut asap di Rohul semakin menebal, diduga berasal dari asap kebakaran hutan dan lahan daerah tetangga.

“Kita mengimbau ke masyarakat agar tidak lagi melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar. Pasalnya pembakaran lahan akan berdampak terhadap semakin menebalnya kabut asap di Rohul dan merugikan kesehatan masyarakat luas,” jelas Afrizal.

Home
Redaksi & Disclaimer
Copyright 2018