Home
 
Lomba Baca Alquran jadi "Mainan" Politik
Bupati Perlakukan Wagub Riau seperti Gembel

Rabu, 14/08/2013 - 19:59:59 WIB

PASIR PENGARAIAN - Bupati Rokan Hulu (Rohul), yang juga Calon Gubernur Riau, Drs H Achmad MSi, benar-benar memperlihatkan 'kekejamannya' kepada Wakil Gubernur Riau, HR Mambang Mit.

Bayangkan, tokoh sekelas Mambang Mit, diperlakukan bak 'gembel' dihadapan tokoh elit Riau serta ribuan masyarakat pada acara Pawai Ta'ruf MTQ Riau ke-32 yang dilaksanakan di Pasir Pengaraian, Kabupaten Rohul, siang tadi (Rabu, 14/8).

Peristiwa mengiris hati ini terjadi menjelang pelepasan pawai para kafilah MTQ Riau yang kini dituding publik sarat muatan politik. Jangankan sekedar basa-basi menyambut kedatangan seorang wakil gubernur, kursi untuk duduk pun tak disediakan Achmad untuk Mambang Mit.

Pantauan politikriau.com, Mambang Mit sampai ke lokasi acara menggunakan mobil dinasnya BM 5. Dia ditemani oleh ajudan dan beberapa orang pengawal pribadi (Walpri). Tentu tak ada sambutan dari tuan rumah, apalagi memasukkan Mambang Mit ke dalam daftar tamu kehormatan.

Sementara itu, pemerintah Rokan Hulu mengundang secara khusus tamu kehormatan, baik dari Jakarta maupaun Pekanbaru agar menghadiri serangkaian acara pelaksanaan MTQ Riau ke-32 ini. Bahkan, pemerintah setempat juga menyediakan pesawat carteran, Sky Aviation.

Rabu (14/8) siang tadi, sekitar pukul 13.10 WIB, pesawat carteran Pemkab Rohul terbang dari Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru menuju Pasir Pengaraian dengan membawa sebanyak 30 orang lebih tamu kehormatan itu.

Terlihat antara lain, Ketua DPR RI Marzuki Alie, Ketua DPRD Riau Johar Firdaus, Kapolda Riau Brigjen Pol Condro Kirono, Bupati Pelalawan M Harris, serta sejumlah pejabat dan anggota DPRD Riau.

Ironisnya, dari daftar tamu kehormatan tersebut, tidak ada nama HR Mambang Mit selaku Wakil Gubernur Riau. Oleh karena itu, ketika Mambang Mit menaiki pentas kehormatan tempat para tamu penting duduk, terlihat suasana sedikit lengang dan 'mencekam'.

Pasalnya, para tamu kehormatan yang diundang khusus Pemkab Rohul, telah menduduki tempat duduknya masing-masing. Dan, begitu Wagubri Mambang Mit sampai ke deretan tempat duduk kehormatan, dia celingak-celinguk mencari tempat duduk untuk dirinya.

Karena memang tidak ada tempat duduk disediakan Achmad untuk Wagub Riau, dalam beberapa saat lamanya Mambang Mit berdiri kebingungan. Sementara, seluruh mata tertuju kepada Mambang Mit.

Terkecuali Achmad, sang Calon Gubernur Riau dan juga tuan rumah acara itu. Dia terlihat cuek, santai dan tak perduli dengan kehadiran Mambang Mit yang memang tidak diinginkannya muncul pada acara perlombaan seni membaca ayat-ayat Allah SWT ini.

Untung lah, suasana yang beberapa saat membuat tidak enak hati para tamu undangan kehormatan disitu langsung mencair ketika Kapolda Riau, Brigjen Pol Condro Kirono, berdiri dari tempat duduknya dan mempersilahkan Mambang Mit duduk di kursi kosong yang bertuliskan "Danrem".

Kebetulan tempat duduk Danrem memang kosong karena ia nerhalangan hadir. Pada saat itu, Kapolda Riau juga mencopot tulisan tersebut.

Disebabkan acara MTQ Riau ke-32 ini sudah masuk ranah politik, membuat panitia penyelenggara stres. Tapi, karena Achmad selaku Bupati tetap memaksakan kehendaknya, mau tidak mau panitia tetap menjalankan perintah Achmad sekaligus mencari alternatif jalan terbaik.

Beberapa saat kemudian acara dilanjutkan. Pelepasan Pawai Ta'ruf pun dilakukan Dirjen Bimas Islam Kemenag RI. Hanya saja, dalam acara itu tidak ada kata sambutan sebagaimana mestinya selama ini.

Sebab, kalau diadakan, maka yang menyampaikan adalah Mambang Mit selaku Wakil Gubernur Riau. Sementara, Achmad tidak ingin sambutan dibacakan oleh Mambang Mit. (tim)

Home
Redaksi & Disclaimer
Copyright 2012-2017
replica handbags replica watches uk