Home
 
 
 
Ini Pertarungan Herman Abdullah-Annas Maamun

Selasa, 03/09/2013 - 13:24:47 WIB

DUA sosok ini tak terbantahkan merupakan tokoh Riau yang cukup berpengalaman di jalur birokrasi maupun politik. Sama-sama memulai karir di 'PNS' hingga akhirnya menjadi 'pentolan' di Partai Golongan Karya. Satu dari 'Daratan' dan satunya lagi dari 'Pesisir'.

Siapa lagi kedua tokoh itu kalau bukan Herman Abdullah dan Annas Maamun. Kini, kedua 'pendekar' terbaik Riau yang sudah malang melintang di dunia birokrasi pemerintahan dan politik itu 'bertarung' merebut kursi paling tinggi di 'Bumi Lancang Kuning' ini.

Herman Abdullah, bagi sebagian orang terutama di Pekanbaru dinilai cukup sukses membangun 'Kota Bertuah'. Disamping tak sedikit pun terdengar kasus hukum yang dialamatkan kepada Datuk Panglimo Rajo Bertuah dari Kampar itu yang selama 10 tahun menduduki kursi walikota.

Nilai plus lain untuk Herman Abdullah yang kini maju sebagai calon Gubernur Riau berpasangan dengan Agus Widayat, wakil walikota Dumai asal Pesisir Riau, bagi para guru di Pekanbaru dianggap cukup berjasa di bidang pendidikan. Herman, dikenal sebagai walikota yang memperjuangkan guru-guru di madrasah mendapatkan uang transport.

Kota Pekanbaru, sejaK dipimpin Herman, juga rutin memperoleh Piala Adipura, tentunya sebagai kota terbersih di mata pemerintah pusat. Tak ayal, nyaris setiap tahun Herman Abdullah menerima piala kebanggaan masyarakat Pekanbaru itu langsung dari tangan Presiden RI.

Di Pilkada Riau 2013 ini, secara geopolitik Herman juga sudah 'mengantongi' dua wilayah yang memiliki jumlah suara paling besar di seantero Riau. Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar adalah basis massa fanatik Herman dengan total pemilih dari dua wilayah besar ini sebanyak 1.105.429 berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Sementara, jumlah pemilih di Pilkada Riau tercatat sesuai DPT yang ada saat ini sebesar 4.000.459. Nah, peluang Herman Abdullah-Agus Widayat, 'diatas kertas' cukup besar jika dibandingkan dengan calon lain yang ikut meramaikan bursa pemilihan gubernur.

Namun, bukan berarti 'hitung-hitungan' itu lantas membuat Herman-Agus bisa berbusung dada. Pasalnya, kekuatan Annas Maamun-Arsyadjuliandi Rachman setali tiga uang dengan kubu Herman-Agus. Tak tanggung-tanggung, kali ini wilayah Pesisir Riau merupakan gerbong suara Annas yang juga memiliki jumlah pemilih sama besar dengan basis suara Herman.

Apalagi, masyarakat di Pesisir Riau, khususnya Rokan Hilir, Dumai, Bengkalis, Meranti dan Siak belum pernah 'memilih' putra terbaik Pesisir Riau menduduki kursi gubernur.

Sebab, sejak reformasi digulirkan, jabatan Gubernur Riau cuma pernah diduduki oleh putra terbaik Kampar (Saleh Djasit 1 periode) dan putra terbaik Indragiri Hilir (Rusli Zainal 2 periode).

Nah, apakah di periode 5 tahun mendatang ini putra Pesisir Riau bisa menduduki singgasana kursi gubernur? Jawabannya cukup gampang, lihat saja setelah 4 September besok. Lalu, bagaimana peluang Annas Maamun-Arsyadjuliandi Rachman?

Dilihat dari geopolitik kedua pasangan ini, tampaknya memang cukup tepat sebagai pesaing berat kubu Herman-Agus. Dimulai dengan hitungan jumlah pemilih di Rokan Hilir tercatat sebesar 420.884 suara yang besok akan diperebutkan.

Kabupaten Bengkalis, dimana Annas Maamun pernah menjabat sebagai Ketua DPRD-nya, jumlah pemilih sebanyak 360.371. Dan, dari Kabupaten Siak, dimana bupatinya adalah Ketua Partai Golkar, pemilih tercatat sebesar 259.057. Di Kotamadya Dumai, tercatat di DPT sebesar 181.569 pemilih. Pesisir Riau lainnya adalah Kabupaten Meranti dengan 136.892 pemilih.

Jika kekuatan pemilih di Pesisir Riau ini disatukan maka total keseluruhannya mencapai 1.358.773. Cukup besar jumlah tersebut untuk bersaing dengan kubu Herman Abdullah-Agus Widayat. Disamping pula, faktor pendamping Herman maupun Annas juga sangat berperan untuk menambah ataupun memecah suara kubu lawan.

Karena itu, Pilkada Riau 2013 tak dipungkiri merupakan pertarungan antara kubu 'Riau Daratan' dan 'Riau Pesisir'. Untuk meminimalisir pertarungan ini agar tidak berbau isme kedaerahan, maka baik Herman maupun Annas menggandeng wakil dari masing-masing basis lawan. (tim)



40 Komentar :

pengamat pilkada
03/09/2013 - 13:53:17 WIB

ternyata pr********ksi saya sama dengan anda.Kalau terjadi dua putaran yang akan masuk itu memang Annas dengan He********an.
AA
03/09/2013 - 14:21:26 WIB

Kalau gitu bisa kita pilih sama2 nomor 2 (annas) wassalam
pesisir
03/09/2013 - 07:24:52 WIB

M********a bayaran..
Ape tidak prestasi he********an selama priode megang kota pekanbaru..tau nya mintak stor aje..muke santun tp hati busuk..
Daeng
03/09/2013 - 15:10:14 WIB

Annas jauh lebih baik jujur dan tidak sobong seperti HA berbuat sesuai dengan keinginan rakyat.ANNAS PILIHANKU UNTUK GUBERBUR RIAU
amris
03/09/2013 - 15:41:54 WIB

TAK KAN TERPENGARUH PILIHAN KU UNTUK ACHMAD-MASRUL.
WALAUPUN SEJAK PERTAMA ANDA MENJELEK-JELEKKAN BELIAU. INSYA ALLOH MENANG....
pengamat golput
03/09/2013 - 16:39:30 WIB

hidup golput.. ma wak tau wak mabuaaaaaak
ocu
03/09/2013 - 16:41:13 WIB

hidup bapak bapak He********an Abdullah-Agus Widayat, semoga bapak menjadi orang no 1 di provinsi riau ini.,.,.
Netralisme
03/09/2013 - 16:54:11 WIB

Tuh Kan.., Lagi - Lagi He********an, wkwkwkwk....


Ternyata Memang Benar ..!!
M********a ini (Politik Riau.com) adalah m********a Pemenangan Kandidat salah satu Calon Gubernur Riau 2013,Selain Pemberitaan yg tidak seimbang dengan Pemberitaan Kandidat Cagubri lainnya, M********a ini selalu mengarahkan dan membentuk Opini Pembaca seolah-olah Pasangan dengan no urut 1 (silahkan buktikan sendiri) yg akan memenangkan pertarungan di Helat PilGubri Riau 2013 dan selalu membunuh karakter Kandidat Lainnya.
Harap berhati-hati bagi yg pernah membaca ataupun berkunjung ke WEBsite (http://politikria u.com/)ini yg selalu memasok berita ke Grup Facebook Pasangan Calon nomor urut 1 dengan menjadi salah satu Anggota Grup.
dini
03/09/2013 - 17:35:54 WIB

klo menurut gw he********an lah yg terbaik dan jujur tdk korupsiwalau gw gak ikut milih
Warga kampar
03/09/2013 - 17:57:17 WIB

Ngapain pilih si he********an busuk tuh.. Mending pilih Anas, jelas pembangunannya, dari he********an, 10 tahun pekanbaru jadi kota maksiat, kalau karena RZ, gak akan maju pekanbaru ne, liat lah pembangunan ruko yang ada di pekanbaru, mana ada ciri khas kemelayuannya, bepetak semua, macam muka he********an..
harusnya
03/09/2013 - 17:59:55 WIB

Dari pada terjadi dua kali putaran, sebaiknya kita dukung anas saja, biar gak habis anggaran
Devrizon
03/09/2013 - 18:25:39 WIB

Hidup Anas Maamun kami siap memenangkan anas maamun, kapan lagi gubernur dari riau pesisir
Izudin
03/09/2013 - 18:27:26 WIB

Anas memang pantas untuk mimpin Riau Kedepan, Orangya tegas tidak mencla mencle. Hidup Aman
Agus Surlianto
03/09/2013 - 18:28:56 WIB

ANAS MAAMUN pilihan ku Aman Negeri, Maju negeriku
Santi
03/09/2013 - 18:30:55 WIB

Walau tua tapi komitmen membela masyarakat nya terus diperjuangan, anas pilihan rakyat
M********a Wacth
03/09/2013 - 18:53:00 WIB

apo lah politikriau.com, tak pernah netral. jadilah m********a netral biar besar. Kok riau daratan otomatis mendukung He********an, apa dasarnya, tengoklah di Inhil, Inhu, Kuansing, mereka punya pilihan sendiri bung
dzakwan
03/09/2013 - 19:15:53 WIB

ADIPURA = ADA DUIT ITU PIALA UNTUK RAKYAT....siapa yang tak bisa..bukti membangun yg dibutuhkan...yang diurus selama 10 tahun cuma sampah, maka cocoklah digelar WALIKOTA SAMPAH. Ntar kalau jadi GUBERNUR, jd Gubernur Sampah..yang diurus sampah saja..
kalera
03/09/2013 - 19:29:43 WIB

saleh djasit putra kampar? baca biografinya bung, beliau orang pujud, rohil.... m********a gak mutu, analisis dangkal
Netralisme
03/09/2013 - 19:39:14 WIB

Tuh Kan.., Lagi - Lagi He********an, wkwkwkwk....,

Politik Riau.com mencoba membuat opini agar Masyarakat yg dinamakan oleh m********a ini "Riau Daratan" dan "Riau Pesisir" menjadi terbelah, apa keuntungannya bagi m********a ini ?, suara yg katanya "daratan" ; digiring ke He********an Oleh M********a ini, karena secara geografis kekuatan he********an hanya di yg katanya "DARATAN" ;, bikin marah Warga Inhil, Inhu, dan Kuansing Aja neh Orang, mereka sudah punya Pilihan wkwkwkwk.... Ini Riau kesatuan Woiii, jangan dipecah belah masayarakat riau ini.

agar M********a ini tidak Lupa, ada Lima Calon Gubernur Riau :

1. He********an Abdulah
2. Anas Maamun
3. Lukman ********
4. Ahmad
5. Jon erizal

Tern yata Memang Benar ..!!
M********a ini (Politik Riau.com) adalah m********a Pemenangan Kandidat salah satu Calon Gubernur Riau 2013,Selain Pemberitaan yg tidak seimbang dengan Pemberitaan Kandidat Cagubri lainnya, M********a ini selalu mengarahkan dan membentuk Opini Pembaca seolah-olah Pasangan dengan no urut 1 (silahkan buktikan sendiri) yg akan memenangkan pertarungan di Helat PilGubri Riau 2013 dan selalu membunuh karakter Kandidat Lainnya.
Harap berhati-hati bagi yg pernah membaca ataupun berkunjung ke WEBsite (http://politikria u.com/)ini yg selalu memasok berita ke Grup Facebook Pasangan Calon nomor urut 1 dengan menjadi salah satu Anggota Grup.
BUDIMAN
03/09/2013 - 19:45:51 WIB

Belum jadi aja, sudah memecah belah masyarakat.
Yup ... memang cara politik inilah yg selalu dilakukan oleh TIM HA, mulai dari Pilkada Pekanbaru kemaren yg memenangkan FIRDAUS MT, memecah belah dan pembunuhan karakter, Ampuni Kami ya Allah.
putra rohil
03/09/2013 - 19:48:04 WIB

lebih baik milih he********an abdullah,krn beliau bersih.

Lusy Ananta
03/09/2013 - 19:49:32 WIB

Hampir semua RT dan RW di kota pekanbaru mengundang Warganya dalam acara "Halal Bihalal", Faktanya... Acara diisi dengan Sosialisasi Pasangan He********an. warga yg merasa tertipu dan kecewa langsung Pulang.
mht
03/09/2013 - 20:28:25 WIB

Menanglah HA, lihat aja nanti. Oke
Jusen Sinaga
03/09/2013 - 22:04:25 WIB

Kalau aku pilih yang nasionalis ajalah, yang memberikan kebebasan beribadah kpd masyarakatnya yg heterogen,dan mampu mengakomodir semua suku,agama dan ras di bumi lancang kuning yang elok ini.
Prof. gadungan
03/09/2013 - 22:55:45 WIB

Kalau kalian mau tau siapa admin politik riau ini. Coba saja kalian tuliskan page yg jelek2 mengenai He********an Buncit. Pasti kalian akan di blokir dari grup ini. Tidak akan menang he********an itu. Perut nya saja tidak sanggup sama dia membawanya. Bagaimana pula dia mau menyalip tuk Anas.. Wkwkwkwkk....
Suara Rakyat Riau
03/09/2013 - 23:14:11 WIB

NOMOR 1
NOMOR 1
NOMOR 1
NOMOR 1
NOMOR 1
NOMOR 1
NOMOR 1
NOMOR 1
He********an Abdullah - Agus Widayat

Ins yaallah menang 1 putaran.......
aminnnnn
warga Bagansiapi-api
03/09/2013 - 23:20:16 WIB

Apa pulak yg kalian banggakan dari Atuk Annas yang udah tua renta bau tanah tu......!!

Udah uzur itu orang.....!!
Ha ri ini janji politik ini itu, besok nya pasti udah LUPA tu.....maklum lah wak udah uzur 72 tahun umur nya.....

Ka mi aja warga Bagansiapi-api akan mendukung kandidat selain Annas tue renta tu.....!!
benga k aja bakal tak ada jalan berlubang lagi,,udah jalan periode ke-2 jadi Bupati Rohil aja JALAN MASUK ke kota Bagansiapi-api aja rusak parah nauzubillah......! !!
apalagi jalan ke desa2 macam daerah Kubu dll.....
Silahk an anda2 semua cek langsung ke Rohil sini....
Jangan terlalu memuji Annas lah anda2 smua klo anda tak pernah berkunjung kke Rohil dan meliat apa yg dilakukan Atuk Annas tua renta tu......cuihh
Pekanbaru, Kampar, Dumai, Kuansing BERSATU
03/09/2013 - 23:22:56 WIB

HA
HA
HA
HA
HA

Insyaall ah NOMOR 1 tak terkalahkan dan menang 1 putaran.......!!! r

Tim Sukses kandidat lain siap-siap PANIK dan GIGIT JARI.......hehehe
netral
04/09/2013 - 00:31:48 WIB

sudahlah kawan-kawan,tak bik saling menjelek dan menjatuhkan,biarla h DIA YG MAHA KUASA,MASYARAKAT DAN WAKTU yg akan menetukan siape yang pantas memimpin riau kedepan,kite do'akan jelah agar dikarunia pemimpin yg takut kepade ALLAH dan sayang kepade kite semue
netralisme
04/09/2013 - 13:37:43 WIB

Janganlah kita saling menjelek2an pasanagan calon..apa kalian sudah benar dan sempurna semua..coba kalian lihat calon masing2..apa mereka sudah pantas..
Ada yg buncit
Ada yg tua pikun dan pelawak
Mau jadi apa kalian ini saling beselisih faham disini nyatanya kemenangan bukan untuk kalian yg capek2 kelahi disini..mari kita bangun Riau sama2...belajarlah dgn baik,kerja yg rajin,pikirkan keluarga masing2 apakah bisa makan esok hari..Oke!!!!
geboy
04/09/2013 - 13:40:20 WIB

Saya rasa siapa pun pemimpinnya..yang penting Minuman nya Teh Botol Sosro..!!!!

jibran
04/09/2013 - 13:49:55 WIB

Hi warga bagan siapi-siapi..
S aya mendukung anda..lihat aja cara depat pilkad di TV one kemaren..tak ada yg bisa diambil dari No.2 tu..kata2nya aja ngelantur macam org ga sekolah padahal dia mantan guru..bisa jadi waktu dia jadi guru waktu thn 70 an..tak ada kurikulum yg berkelas sehingga kurang profesional..ape daerah kita ne nanti dibuatnya aje melawak..saya rasa orang yg dukung dia pasti dpt duit hasil duit rakyat di Rohil nak diambur2kan..atau hasil jual Ikan..ga jaman lagi pemimpin udah tua skrg..orang tua harus banyak Ke Mesjid Minta Ampun lagi..Piss!!!
udin labu
05/09/2013 - 17:24:57 WIB

anas kalau tak ade andi rahman, tak ade ape2nya.
GARUDA
06/09/2013 - 00:53:04 WIB

jangan saling melecehkan, menghina atau hujatan,

ki ta memiliki 5 CAGUB, lima - limanya memiliki KOMPETENSI dan D********KASI yang TINGGI sama-sama ingin memajukan RIAU,

salin g melecehkan hanyalah sebagian kecil pe********ainan politik agar saling menjatuhkan, dan siapa yang tidak kuat dan menyerah dialah yang kalah,

saya yakin kita semua masyarakat RIAU adalah masyarakat yang CERDAS! kita semua juga ingin Kota kita, Kampung kita.

basf
06/09/2013 - 13:26:46 WIB

Siapa Bilang Saleh Jasid putra Kampar...Asli putra pujud ROHIL...M********a tak becus ..
basf
06/09/2013 - 13:28:41 WIB

Dasar M********a tak NETRAL...gimana mau besar dari hal kecil aja sudah tdk netral...
d********
18/09/2013 - 15:28:39 WIB

biarlah mereka bertarung,secara sportif,siapa yg terbanyak mengambil hati rakyat dialah yg akan memimpin riau kedepan,jg lah menyalah2kan, introspeksi diri kita dululah siapa yg sebenarnya yg baik dan yg tak baik
sri
19/09/2013 - 19:45:00 WIB

Saya pilih Annas, berbuat untuk rakyat, bkn untuk pejabat, membawa IPDN dan AKPOL ke Riau/rohil. Mengganti lahsn masyarskat dgn harga mahal. He********an ngurus Kimar saja tak becus.
Bosan
26/11/2013 - 22:24:08 WIB

Dodos kebun sndri aja uda capek,apalagi untk org yg cuma mau makan roti,jgnkan esok dibagi,baunya pun tak smpai,kalaupn dapat paling cuma kabar kalo olah tetankok.alias kebagian kabo busuk.
Enak main domino.
Sory yo gaek2.male aku.
uuywhwhh
13/12/2013 - 04:29:40 WIB

Begoo... kayak dah hebat aja cela2 orang ...tai kucing..
Komentar Anda
Nama
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

Home | Politik | Hukrim | Ekbis | Seksologi | Olahraga | Kesehatan | Selebritis | Sosial | Lingkungan | Serba-Serbi |
Handphone | Film | Kuliner | Otomotif | Liputan Malam | Kawula Muda | Index
Redaksi & Disclaimer
Copyright 2012-2014