Home
 
2014, Penerbangan Soetta Pindah ke Halim

Senin, 18/11/2013 - 21:12:44 WIB

PEMERINTAH sudah memutuskan membuka Bandara Halim Perdanakusuma untuk penerbangan komersil. Langkah ini sebagai kebijakan jangka pendek mengurangi beban Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) yang sudah terlalu padat dan sibuk.

"Kita lebih pada action plan yang pada tahun 2011 telah dilakukan groundbreaking dan sebagainya. Nanti tahun 2014 sudah dapat mengurangi. Diusahakan pindah ke Halim, Januari selesai, sehingga agak melonggarkan di Bandara Soekarno-Hatta," ujar Menteri Perhubungan, EE. Mangindaan di Hotel Borobudur Jakarta, Senin (18/11).

Agar bisa digunakan pesawat berbadan besar, Kementerian Perhubungan akan menambah panjang runway yang ditargetkan selesai pada 2017. Bandara Halim diprediksi dapat menampung 90 juta penumpang per jam. Untuk saat ini sudah menampung 72 juta penumpang per jam.

"Jadi sekitar 35 penerbangan per jam, jadi tiap 2 menit baru satu. Apalagi ITS sedang kita perbaiki, supaya menjamin faktor keselamatan," jelasnya.

Penggunaan Bandara Halim sebagai alternatif bagi Bandara Soekarno-Hatta sudah ditegaskan sebelumnya oleh Direktur Utama Angkasa Pura II Tri Sunoko. Untuk mengurangi kepadatan bandara Soekarno Hatta, Tri berencana membuka Bandara Halim Perdanakusuma untuk penerbangan komersil.

Langkah ini diyakini bisa mengurangi beban Bandara Soekarno-Hatta. "Halim itu nanti bisa per jam 3 penerbangan. Awal Januari mungkin (buka untuk maskapai baru)," kata Tri di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (14/11).

Diakuinya, sudah banyak maskapai yang menawarkan diri untuk terbang dari Halim. Namun Tri enggan menyebut maskapai yang nantinya akan pindah ke Halim.

"Bersedia banyak sekali. Kita sedang kaji karena semuanya mengajukan. Saya tidak mau bicara dulu (nama maskapai)," tutupnya.

PT Angkasa Pura II juga tengah membenahi bandara Halim Perdanakusuma, agar bandara ini segera bisa menerima limpahan penerbangan reguler dari Bandara Soekarno-Hatta.

Kepala Humas Angkasa Pura II Kristanto mengatakan, saat ini sudah ada beberapa maskapai yang mengajukan izin terbang dari Halim Perdanakusuma. Mengingat, lalu lintas penerbangan di Soekarno-Hatta sudah semakin padat.

"Halim sekarang sudah bisa melayani penerbangan reguler karena sudah ada aturannya. Kami sedang berbenah untuk memenuhi permintaan soal boarding lounge dan konter penjualan tiket, itu yang sedang kita lakukan," ucap Kris. (mkc)

Home
Redaksi & Disclaimer
Copyright 2012-2017
replica handbags replica watches uk