Home
 
Didukung Kemenpar dan KJRI Jeddah,
Didukung Kemenpar dan KJRI Jeddah, PPMI Cabang Jeddah Meriahkan Festival Budaya

Rabu, 03/04/2019 - 16:48:28 WIB

Politikriau.com Jeddah—Jauh dari tanah air membuat perkumpulan mahasiswa Indonesia di King Abdulaziz University (KAU) kian sadar dan bangga terhadap kekayaan kebudayaan bangsanya sendiri yang sangat beragam. Hal ini dibuktikan dengan keikutsertaan mereka dalam Festival Kebudayaan Antarbangsa (Cultural Festival) yang diselenggarakan oleh kampus.

 

Menurut pihak penyelenggara, festival budaya yang berlangsung dari 31 Maret hingga 1 April 2019 ini bertujuan untuk memberikan kesempatan berinteraksi bagi mahasiswa yang berasal dari berbagai negara. Mereka berkesempatan memperkenalkan kekayaan budaya, peninggalan sejarah dan potensi pariwisata negara mereka masing-masing.

 

Perwakilan tim dari Indonesia yang terdiri dari para mahasiswa yang tergabung dalam Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Cabang Jeddah menampilkan  rumah adat dari Minangkabau, lengkap dengan aksesoris seperti miniatur rumah adat, alat musik tradisional arumba, angklung, galeri destinasi wisata Indonesia.

 

Festival kali kedua bertajuk Heritage of peoples and Cultural Festival  ini dikuti perwakilan dari 24 negara.

 

Kegiatan yang berlangsung di gelanggang olahraga kampus KAU dibuka secara resmi oleh Dr. Hisyam Abdulrahman Al Falah, mewakili Wakil Gubernur Mekkah, Pangeran Badr Bin Sultan Bin Abdulaziz didampingi oleh Rektor KAU, Prof Abdulrahman Obaid AI-Youbi.

 

Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah, Dr. Mohamad Hery Saripudin dan beberapa konjen dari negara-negara sahabat.

 

Suasana pembukaan menjadi semarak dengan penampilan tari piring  yang dibawakan oleh tiga penari yang didatangkan oleh Kemenpar dari Jakarta.

 

Pengunjung yang mampir di stan Indonesia juga mendapatkan kesempatan mencicipi jajanan khas nusantara, antara lain kue putu, risoles dan aneka jajanan lainnya.  Alat musik tradisional Angklung yang turut dipajang juga memikat para pengunjung  yang penasaran untuk belajar memainkannya.

 

Saat menyapa tim perwakilan Indonesia, Konjen RI menyampaikan penghargaan kepada para mahasiswa yang berperan aktif turut melestarian kekayaan budaya yang beraneka ragam dan potensi pariwisata Indonesia dan memperkenalkannya kepada masyarakat lokal dan pedatang di Arab Saudi.

 

"Saya sangat bangga dengan partisipasi Mahasiswa Indonesia di King Abdulaziz University dalam  acara cultural festival.  Semoga dapat memberikan sarana promosi pariwisata Indonesia," ucap Konjen.

 

Selain memainkan alat musik angklung yang menarik perhatian para pengunjung, stan Indonesia membagi-bagikan cendera mata kepada mereka.

 

"Di festival ini juga kami memberikan ke beberapa pengunjung suvenir yang disponsori oleh Kemenpar," ungkap Andi Azwar, Ketua PPMI Cabang Jeddah.

 

Untuk mengurai kepadatan pengunjung, pihak penyelenggara membagi waktu kunjungan, yaitu  dari pukul 10:00 -13:00 diperuntukkan bagi pengunjung dari warga kampus KAU dan 16:00 -21:00 dibuka untuk pengunjung umum.

 

Home
Redaksi & Disclaimer
jewelry lace wigs Copyright 2018