Home
 
Ini Dampak Ramadhan Terhadap Harga Daging Sapi Lokal

Selasa, 10/06/2014 - 18:45:11 WIB

PEKANBARU - Jelang Ramadhan 2014 yang tinggal beberapa hari lagi, harga berbagai kebutuhan pokok mulai merangkak naik. Salah satu komoditi yang kenaikan harganya cukup signifikan adalah daging sapi lokal. Saat ini harga daging sapi mencapai Rp 100 ribu per kilo gram.

Salah seorang pedagang di pasar trasidional di kota Pekanbaru, Rizal mengatakan, kenaikan harga daging tersebut baru terjadi beberapa hari ini.

"Penyebabnya permintaan meningkat sedangkan pasokan berkurang," katanya.

Biasanya, ujar Rizal, daging sapi lokal dijual antara Rp 85 ribu hingga Rp95 ribu per kilo gram. Namun saat ini harga paling murah sudah mencapai Rp100  ribu per kilo gram.

"Bahkan sudah ada yang mencapai Rp110 ribu per kilo gram," tambahnya.

Menurutnya, diperkirakan harga tersebut akan terus melambung satu hari menjelang puasa 1435 H. Sebab saat itu permintaan mengalami lonjakan yang signifikan untuk dikonsumsi saat makan sahur.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru, Edwar Yunus membantah harga daging sapi naik gara-gara pasokan minim.

"Satu pekan terakhir pasokan sapi dari luar daerah sudah 20 ekor satu malam. Ini untuk memenuhi kebutuhan daging di kota Pekanbaru," terangnya.

Ia mengaku, Distan tidak bisa menekan harga. Sebab kenaikan harga disebabkan permintaan masyarakat sangat tinggi menjelang Ramadhan. (tks)

Home
Redaksi & Disclaimer
Copyright 2012-2017
replica handbags replica watches uk