Home
 
Perdagangan Global Melemah, Tandan Buah Segar di Riau Kembali Melemah

Selasa, 10/06/2014 - 20:28:49 WIB

PEKANBARU - Kondisi perekonomian global kembali mempengaruhi harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit. Pada pekan kedua Juni 2014 harga TBS kembali mengalami penurunan sebesar Rp34,88/Kg. Sebelumnya harga TBS Rp1.855,42/Kg kini jadi menjadi Rp1.820,54/Kg.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Drs H Zulher MS, setelah pelaksanaan Rapat Tim Penetapan Harga TBS Disbun Riau, Selasa (10/6) di aula Disbun Riau.

Menurut Zulher, saat ini seluruh sektor perdagangan di pasar global mengalami penurunan. Hal itu disebabkan perlambatan ekonomi, terutama yang dialami oleh negara besar. Seperti India, Tiongkok dan Amerika Serikat.

"Tiongkok yang menjadi tujuan utama ekspor CPO mengalami perlambatan ekonomi. Terutama dalam beberapa bulan terakhir publik Tiongkok menginginkan pemerintah mengeluarkan kebijakan ekonomi yang pro terhadap lingkungan," ujar Zulher dalam keterangan persnya kepada politikriau.com.

Sementara untuk Indonesia sendiri terjadi perlambatan ekonomi, nilai impor lebih tinggi dari eskpor.

Data dari Kementrian Perdagangan menjelaskan bahwa nilai ekspor April mencapai US$14,29 miliar atau mengalami penurunan US$ 1,96 milliar. Apabila dibandingkan dengan  periode yang sama pada 2013, capaian ekspor April tahun ini mengalami penurunan sebesar 3,16 persen.

"Hingga saat ini harga TBS tidak bisa terkoreksi naik. Kita sebagai Satker pemerintahan daerah tidak bisa berbuat banyak karena ini semua imbas dari pasar global," ujar Zulher. (aaz)

Home
Redaksi & Disclaimer
Copyright 2012-2017
replica handbags replica watches uk