Home
 
Puluhan Ribu Orang Diprediksi Padati Area Potang Belimau
Sore Ini, Puluhan Ribu Orang Diprediksi Padati Area Potang Belimau Pekanbaru

Minggu, 05/05/2019 - 20:37:24 WIB

Potong Belimau rutin digelar Pemko Pekanbaru Potang Belimau rutin digelar Pemko Pekanbaru

Politikriau.com PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) menggelar prosesi Potang Belimau, Minggu (5/5/2019) sore ini. Diprediksi, puluhan ribu orang bakal datang memadati area yang dipusatkan di pinggir Sungai Siak itu.

"Di dekat rumah singgah Tuan Kadi (di bawah Jembatan Siak III)," kata Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pekanbaru Ardiansyah.

Lanjutnya, prosesi Potang Belimau akan dimulai dengan ziarah kubur di Makam Marhum Pekan atau Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah yang merupakan pendiri Kota Pekanbaru. Lokasi makam ini ada di komplek Masjid Raya Pekanbaru di Jalan Senapelan.

"Jam setengah dua, acara di masjid Raya Senapelan. Dilanjutkan ziarah dan berarak ke tepi Sungai Siak (Rumah Singgah Tuan Kadi) acara tradisi Potang Belimau," kata dia.

Ardiansyah menyebut, tamu undangan yang akan hadir terdiri dari seluruh pejabat daerah tingkat kota dan provinsi. Rencananya, wisata religi ini juga akan dihadiri Gubernur Riau Syamsuar.

"Dari tahun ke tahun selalu diramaikan puluhan ribu masyarakat," jelasnya.

Seperti diketahui, Potang Belimau merupakan tradisi membersihkan diri sehari sebelum bulan suci Ramadan, yang dikemas sebagai wisata religi di Provinsi Riau. Penyelenggaraan Potang Belimau merupakan bagian dari pelestarian tradisi Melayu Riau khususnya umat muslim untuk membersihkan diri menyambut bulan suci Ramadan.

Home
Redaksi & Disclaimer
jewelry lace wigs Copyright 2018