Home
 
Warga Padati Potang Belimau
Ribuan Warga Padati Potang Belimau di Pekanbaru

Minggu, 05/05/2019 - 22:50:56 WIB

Prosesi Potang Belimau jelang Ramadan.Prosesi Potang Belimau jelang Ramadan.

Politikriau.com PEKANBARU - Prosesi Potang Belimau berlangsung di Kota Pekanbaru, Minggu (5/5/2019). Ribuan pengunjung datang memadati area Ruang Terbuka Hijau (RTH) Rumah Singgah Tuan Kadi.

Agenda tahunan ini dimulai dengan ziarah kubur di Makam Marhum Pekan atau Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah yang merupakan pendiri Kota Pekanbaru.

Ziarah kubur di komplek Masjid Raya Pekanbaru di Jalan Senapelan ini dihadiri Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution dan Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, serta Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru.

Beberapa Kepala Dinas di Organisasi Perangkat Daerah (OPD), baik di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru dan juga pemerintah provinsi tampak hadir.

Usai ziarah kubur, rombongan bergerak ke tepian Sungai Siak untuk prosesi selanjutnya yaitu Potang Belimau. Agenda sarat dengan pelestarian kebudayaan melayu ini dipusatkan di kawasan Rumah Singgah Tuan Kadi.

Wakil Gubernur mengapresiasi pelaksanaan Potang Belimau ini. Kata dia, Petang Belimau ini merupakan adat tradisi yang harus dijaga. Pada kesempatan itu, pemerintah juga memberikan santunan kepada 20 anak yatim yang berada di kawasan tersebut.

Tidak hanya memberikan santunan, 20 anak yatim itu dimandikan dengan menggunakan air limau dan kembang.

"Ini tradisi yang harus kita kembangkan. Tradisi ini sudah berkembang sejak ribuan tahun lalu. Saya berterimakasih kepada pemerintah kota yang telah melestarikan tradisi ini. Karena melalui tradisi inilah bentuk penghormatan kepada orang tua kita dulu," jelasnya.

Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi mengatakan, Potang Belimau ini merupakan sarana pensucian diri sebelum memasuki bulan Ramadan. Ia juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat dalam acara tersebut.

"Makna pensucian diri karena besok kita akan melaksanakan ibadah puasa. Atas nama Pemko Pekanbaru kami mohon maaf kepada seluruh masyarakat Pekanbaru," sebutnya.

Home
Redaksi & Disclaimer
Copyright 2018