Home
 
Komisi III: Kinerja KPK Masih Jauh
Komisi III: Kinerja KPK Masih Jauh Panggang Dari Api

Rabu, 15/05/2019 - 00:00:13 WIB

.Politikriau.com Jumlah uang negara yang diselamatkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sesungguhnya masih jauh panggang dari api.


Anggota Komisi III DPR, Raden Muhammad Syafii mengatakan, hal itu karena biaya pemberantasan korupsi belum sebanding dengan capaian yang diharapkan oleh masyarakat.

"Jauh panggang dari pada api. Kayaknya lebih besar harapan dan pendanaan ketimbang yang berhasil KPK selamatkan,” tegasnya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (14/5).

Padahal, lanjut politisi Partai Gerindra ini, salah satu indikator utama dari keberhasilan komisi anti rasuah adalah sebandingnya uang yang dikeluarkan untuk memberangus korupsi dengan uang yang telah diselamatkan itu sendiri.

“Yang ada hanya menang rame ajalah,” ketusnya.

Masa jabatan pimpinan KPK akan usai pada bulan Oktober nanti. Maka dari itu, pria yang akrab disapa Romo ini mengaku sangat berharap bahwa pimpinan KPK yang baru nanti mampu mengembalikan khittah dari filosofi dibentuknya lembaga tersebut, yakni sebagai trigger mechanism (pemicu mekanisme) dalam memberantas korupsi.

Konkretnya, segala penindakan hukum yang dijalankan KPK seharusnya hanya sebagai pemicu untuk mendorong kepolisian dan kejaksaan dalam melakukan penegakan hukum korupsi lebih baik. Namun pada kenyataannya tidak demikian.

“Apalagi ada keinginan membetuk kantor cabang di daerah-daerah. Saya kira apa yang dilakukan KPK hari ini belum sepenuhnya sesuai harapan dibentuknya KPK,” pungkasnya.



Rmol

Home
Redaksi & Disclaimer
Copyright 2012-2017
replica handbags replica watches uk