AS Dikecam Iran: Sejak Dulu Tidak Berubah!

Doyan Beri Sanksi Negara Lain, AS Dikecam Iran: Sejak Dulu Tidak Berubah!

 Politikriau.com  Iran bereaksi keras atas sanksi baru yang dijatuhkan pemerintah AS kepada Rusia, mereka mengatakan keputusan tersebut sebagai langkah yang salah..

Dalam sebuah pernyataan, Menteri Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh mengatakan bahwa Teheran dengan tegas menolak sanksi yang dijatuhkan Washington kepada Moskow.

"Kecenderungan pemerintah AS untuk memberikan sanksi kepada negara lain dengan dalih palsu telah menjadi pendekatan yang dilembagakan negara itu," katanya seperti dikutip dari Tass, Sabtu (17/4).

"Perubahan pemerintahan AS, ternyata sama sekali tidak membuatnya berubah, tidak mempengaruhi pendekatan ini," tegasnya, menekankan bahwa sejak dulu kebiasaan AS menjatuhkan sanksi tidak pernah berubah.

Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden pada hari Kamis mengumunkan sejumlah sanksi baru terhadap Rusia, termasuk pengusiran 10 diplomat karena dugaan campur tangan dan peretasan pemilu.

Dengan sanksi baru, Departemen Keuangan AS melarang lembaga keuangan Amerika berpartisipasi di pasar utama untuk obligasi dalam mata uang rubel atau non-rubel yang diterbitkan setelah 14 Juni oleh Bank Sentral Rusia, Dana Kekayaan Nasional, atau Kementerian Keuangan, serta meminjamkan rubel atau dana dalam denominasi non-rubel kepada mereka.

Sebagai tanggapan, Rusia mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka akan meminta 10 diplomat AS untuk angkat kaki negara itu dan mengambil tindakan pembalasan lainnya.

Moskow juga akan memasukkan delapan pejabat tinggi AS ke dalam daftar hitam dan akan memperkuat aturan kerja untuk diplomat AS di Rusia, kata Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov.