Polisi Koordinasi Dengan Kemlu

Buru Jozeph Zhang Di Jerman, Polisi Koordinasi Dengan Kemlu

Politikriau.com Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menyampaikan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan beberapa pihak terkait, utamanya Kementrian Luar Negeri (Kemlu) untuk memburu Jozeph Paul Zhang yang diduga berada di negara Jerman.

"Pertama polri telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, Direktorat Jenderal Imigrasi dan juga Interpol. karena patut diduga yang bersangkutan ada di luar negeri. sampai sejauh ini penelusuran dari Polri yang bersangkutan ada di negara Jerman," kata Rusdi kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Senin (19/4).


Usai berkoordinasi, kata Rusdi, Polri kemudian menerbitkan Daftar Pencaria Orang (DPO) yang kemudian diberikan kepada Interpol.

"DPO ini menjadi dasar bagi Interpol untuk menerbitkan red notice," ujar Rusdi.

Sejalan dengan upaya itu, Polri juga telah memulai langkah penyelidikan terhadap dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Jozeph Zhang dengan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi ahli. Hal ini dilakukan untuk menemukan peristiwa pidananya.

"Saksi ahli yang diperiksa Bareskrim, pertama saksi ahli bahasa, saksi ahli sosiologi hukum dan saksi ahli pidana telah dilakukan pemeriksaan yang tentunya keterangan saksi ahli ini sangat berguna bagi penyidik untuk memastikan kasus yang terjadi," tandas Rusdi.