3 Bulan Beraksi

3 Bulan Beraksi, Pemalsu Surat Bebas Covid-19 di Pekanbaru Sudah Jual 1.252 Surat Antigen Palsu

Politikriau.com PEKANBARU - Modus penjualan surat bebas Covid-19 palsu sudah dilakukan oleh AP (40), sejak 3 bulan terakhir dan sudah menjual sebanyak 1.252 surat antigen palsu.

Hal itu disampaikan oleh Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendy, Kamis (3/6/2021) sore, di Mall SKA Pekanbaru.

“Kita menemukan saudara AP yang membuat surat tersebut, surat tersebut adalah surat yang dibuat oleh saudara AP dan dia mengakui telah membuat surat ini tanpa melakukan proses pemeriksaan sebagaimana ketentuan pemeriksaan medis antigen atau PCR,” kata Irjen Agung, didampingi Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Nandang Mukmin Wijaya.


Kemudian Agung menjelaskan, AP membuat surat bebas Covid-19 itu menggunakan komputer miliknya, lalu dijual di bandara kepada para penumpang yang belum mengantongi surat antigen atau PCR yang nantinya akan digunakan sebagai syarat bisa melakukan penerbangan di bandara.

“Pelaku bekerja sebagai calo tiket di bandara. Jadi kalau ada yang memesan, langsung dibuat dari komputernya dan di print lalu di jual dengan harga 50 sampai 200 ribu. Dari laptop yang dia gunakan, tercatat ada 1252 surat yang sudah dibuat selama 3 bulan terakhir,” lanjut Agung.

Ads

Kemudian ia menyampaikan, sangat kecewa dengan adanya kecurangan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan, tanpa memimikirkan dampak yang akan terjadi dari perbuatan itu.

“Pelaku pemalsuan surat antigen, ini adalah hal yang sangat kita sayangkan,” tutupnya.

Lihat! Ternyata Inilah Musuh Terbesar Diabetes!
Glucoactive
Penangkapan AP, si Pembuat Surat Bebas Covid-19 Palsu Ditangkap.

Buntut penemuan surat palsu bebas Covid-19 yang digunakan penumpang pesawat di Bandara Internasional SSK II Pekanbaru, polisi tangkap seorang pria berinisial AP (40), diduga yang membuat surat palsu tersebut.

Setelah menemukan surat bebas Covid-19 yang yang digunakan penumpang pesawat, kemudian Tim Satreskrim Polresta Pekanbaru langsung melakukan pengembangan.

Dimana dari keterangan para saksi, penumpang dan Porter bandara yang sempat di interogasi, diketahui surat tersebut diduga dibuat oleh seorang pria yang berinisial AP.

Kemudian polisi langsung melakukan penangkapan terhadap AP, yang saat ini sudah ditahan oleh Polresta Pekanbaru.

“Iya (AP sudah ditangkap dan diamankan). Sudah dilimpahkan ke Polda Riau, untuk informasi lebih lanjut silahkan koordinasi dengan pihak Ditreskrimum,” Kasatreskrim Polresta Pekanbaru, Kompol Juper Lumbantoruan, kepada GoRiau.Com, Kamis (3/6/2021).

Penemuan Surat Bebas Covid-19 Palsu di Bandara SSK II Pekanbaru.

Diduga gunakan surat bebas Covid-19 palsu, seorang penumpang pesawat di Bandara Internasional SSK II Pekanbaru sempat di interogasi Polisi.

Penumpang wanita dengan inisial S sempat dimintai keterangan oleh petugas Ditreskrimum Polda Riau, dan Polresta Pekanbaru pada hari Rabu (2/6/2021) siang.

Penemuan surat benar Covid-19 yang diduga palsu itu berawal saat pihak Ditreskrimum Polda Riau menerima informasi kalau ada salah satu penumpang pesawat di Bandara SSK II Pekanbaru yang diduga menggunakan surat bebas Covid-19 palsu.

Kemudian atas informasi itu petugas melakukan pencarian, dan pemeriksaan di bandara, lalu menemukan penumpang S, yang saat diperiksa dan di interogasi mengaku tidak pernah melakukan tes rapit maupun antigen, namun memiliki surat bebas Covid-19.

Saat surat bebas Covid-19 itu dikonfirmasi ke rumah sakit yang tertera dalam surat, pihak rumah sakit tidak memiliki data penumpang yang tertera dalam surat bebas Covid-19 itu. Atas temuan itu, S dan seorang porter di bandara dimintai keterangan sebagai saksi. ***