DPR Sarankan Penerbangan Luar Negeri Ditutup

DPR Sarankan Penerbangan Luar Negeri Ditutup Selama PPKM Darurat

Politikriau.com JAKARTA - DPR menyarankan pemerintah menutup penerbangan luar negeri selama PPKM Darurat dari 3-20 Juli 2021. Anggota Komisi XI DPR Kamrussamad menilai pemerintah telah mengambil kebijakan yang tepat meski kebijakan tersebut sangat terlambat. Namun dia juga minta agar kebijakan PPKM ini diikuti dengan penutupan bandara internasional. Pasalnya, bandara merupakan pintu masuk bagi virus Covid-19 varian baru.

"Kenapa penerbangan darurat tidak ditutup? Sementara kita punya persepsi yang sama bahwa virus yang ada sekarang ini varian Delta yang diduga kuat berasal dari luar negeri, berbeda dengan varian tahun lalu," ujarnya dalam diskusi Polemik Trijaya, Sabtu (3/7/2021).

Dia melanjutkan, pemerintah juga harus memperhatikan layanan kesehatan di sejumlah rumah sakit dimana saat ini banyak masyarakat yang tidak terjangkau layanan medis sehingga berpotensi meningkatkan angka kematian.


"Kita menyaksikan rakyat kita isolasi mandiri bukan karena kesadaran, tapi karena tidak terjangkau layanan medis. Terjadi di Kelurahan Marunda, Kelurahan Koja, Kelurahan Kapuk, berbagai tempat di DKI Jakarta. Bahkan banyak warga kita yang wafat diangkat dari rumahnya menunggu antrian mobil ambulans jenazah," tuturnya.

Menurut dia, kebijakan PPKM Darurat ini juga harus diiringi dengan stimulus fiskal maupun bansos bagi masyarakat yang penghasilannya bergantung pada jualan harian. Di sisi lain, upaya vaksinasi harus ditingkatkan dari 1 juta suntikan per hari menjadi 2 juta suntuikan per hari.

"Semua kantor, kelurahan harus kita jadikan tempat vaksinasi. Persoalannya bagaimana kita melatih secepat mungkin relawan yang bisa menjadi tenaga penyuntik vaksinasi ini," ungkapnya.

Sumber: okezone.com