Setelah Proyek Sekitar 1,1 M Ini DLH Punya Alat Untuk Menguji Mercuri

Tahun 2021 DLH Milik Proyek Sekitar 1,1 M, Begini Penjelasan Kadis Suparno

Politikriau.com ROKAN HULU-Sepertinya untuk menjawab keresahan masyarakat selama ini, atas dilema Limbah Pabrik Kelapa Sawit (PKS), pihak  Dinas  Lingkungan Hidup (DLH), Kabupaten Rokan Hulu  (Rohul), telah menyiapkan pengadaan laboratorium.

Hal ini sesuai dengan Kode RUP 28116684, pengadaan peralatan Laboratorium untuk ini kelayakan air dan Merkuri DLH Rp 916.220.000  kemudian Kode RUP 29193944, Pengadaan bahan kimia di Laboratorium DLH Rp 200.000.000

Dalam konfirmasi dengan wartawan, atas penganggaran di DLH Rohul sekitar 1, 1, M tahun Anggaran 2021, Kadis DLH  Suparno, menjawab   ini anggaran DAK   APBN tahun 2021 yang sistem pengadaannya E-katalog.

Selanjutnya, ketika ditanya cara kerjanya, karena akhir-akhir ini banyak masyarakat yang resah akibat permasalahan limbah, termasuk cara kerjanya, karena  bukankah  tahun-tahun sebelumnya ada kegiatan yang sama.

Suparno, kembali menerangkan, itu Alat untuk uji kandungan Mercuri, untuk teknis kerjanya yang bisa menjelaskan detail ahli Analisis laboratorium dan alat itu Lab DLH Rohul belum punya, sehingga dapat bantuan Pusat melalui dana DAK.

Kemudian, dipertegas lagi,  kayaknya ungkapan dengan staf  DLH sudah punya alat mendeteksi limbah. "Untuk  limbah cair  kita sudah ada alatnya, alat itu uji baku mutu jenis yang diuji Kiama Organik," jawab dia.

"Nah kalau alat yang sedang proses pemesanan E katalok ini, untuk uji Mercuri," tambah Suparno, Senin (2/82021).

Masih Kadis Suparno menerangkan, Jenis yang diuji alat yang ada di laboratorium DLH saat ini ada tiga yakni Fisika yaitu temperarur,  residu terlarut dan residu tersuspensi.

"Kemudian,  Kimia Anorganik yang terdiri dari 19 item, diantaranya PH, BOD,  COD,  DO,  Nitrit, Nitrat,  Amonia,  Cobalt, kadmium,  kromium,  tembaga, Besi,  timbal, Mangan, Seng,  Khlorida, Sulfat,  Nitrogen Total, Total coliform dan  Kimia organik yaitu Minyak dan lemak," Suparno  mengakhiri.


(pR/dr)